Wednesday, May 8, 2013

Japanese Citrus ~Jeruk Jepang~

Jeruk adalah buah dari tanaman berupa pohon kecil, perdu atau semak yang termasuk ke dalam marga Citrus dari suku Rutaceae [jeruk-jerukan]. Jeruk memiliki daging buah dengan rasa manis atau masam yang segar. Jeruk sebenarnya berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga ke arah India Timur. Jenis jeruk amat beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan sehingga dapat menghasilkan jenis baru yang memiliki karakter khas yang berbeda dengan tetuanya. Jepang juga memiliki beberapa jenis jeruk yang diakui sebagai jeruk Jepang karena tumbuh di Jepang atau diasosiasikan secara kuat dengan negara matahari terbit itu. Beberapa dari jeruk tersebut berasal dari China, namun telah dimodifikasi atau disilangkan khusus untuk ditanam di Jepang.

Mikan
Mikan [Citrus unshiu] atau yang dikenal juga dengan unshuu mikan, mandarin atau satsuma adalah jenis jeruk dengan kulit tipis yang mudah dikupas. Rasa buahnya manis dan biasanya tak berbiji. Mikan dibawa masuk ke Jepang dari China oleh Biksu Buddha Chie dan kemudian dikembangkan menjadi jenis baru dengan mutasi awal tercatat pada tahun 1429. Jeruk yang juga terkenal di Amerika ini ternyata akan lebih manis bila ditanam di daerah dingin. Pohonnya yang telah dewasa mampu bertahan pada suhu minus 9,5⁰C selama beberapa jam.



Natsumikan
Natsumikan [Citrus x natsudaidai] atau dikenal juga dengan jeruk amanatsu adalah jeruk yang berwarna oranye kekuningan yang ditemukan tahun 1740 di Perfektur Yamaguchi. Memiliki ukuran sebesar grapefruit dengan bentuk bulat gepeng berisi 12 ruas dengan sekitar 30 biji. Natsumikan saat ini banyak ditanam di Perfektur Kumamoto dan Ehime. Jeruk ini bisa dijkonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu.



Daidai
Buah dengan nama ilmiah Citrus aurantium ini aslinya berasal dari pegunungan Himalaya. Jeruk yang termasuk dalam golongan bitter orange ini sejak zaman Edo biasa digunakan sebagai hiasan saat tahun baru [diletakkan disusun teratas kagami mochi]. Karena pahit, jeruk ini tak dimakan dan cenderung dikeringkan untuk dijadikan bahan campuran obat.



Kabosu
Kabosu [Citrus sphaerocarpa] adalah jeruk hijau yang banyak mengandung air dengan aroma seperti lemon. Jeruk ini biasanya digunakan sebagai pengganti cuka dalam masakan Jepang seperti ikan panggang, sashimi dan nabe. Kabosu yang juga dibawa dari China ini banyak ditanam di kota Taketa dan Usuki, Perfektur Oita.



Kiyomi
Kiyomi adalah jeruk Jepang hasil cangkokan Miyagawa wase mikan dengan Trovita orange. Jeruk ini adalah tangor [silangan tangerine dan orange] yang dibuat di Jepang pada 1949. Kiyomi juga memiliki karakteristik unik dengan rasa manis mirip unshuu mikan dan buah tanpa biji yang beraroma orange. Kiyomi juga merupakan monogern sehingga sering digunakan sebagai tetua untuk menciptakan jenis jeruk persilangan baru.


Ponkan
Jeruk dengan nama ilmiah Citrus reticulate ini dikenal juga sebagai Chinese Honey Orange. Sebenarnya termasuk suku tangerine namun buahnya menyerupai orange, bulat dengan diameter sekitar 7-8 cm dan rasa yang manis. Hasil buahnya melimpah bahkan dahannya bisa patah karena buahnya terlalu banyak.




Dekopon
Jeruk bernama lucu ini adalah hasil persilangan antara jeruk kiyomi dan ponkan. Rasanya manis dan tak berbiji, ukurannya besar dan memiliki bagian yang agak menonjol di bagian atas buahnya. Dekopon sebenarnya adalah salah satu merk dagang, namun digunakan untuk menunjuk semua merk jeuk yang aslinya bernama shiranui [Citrus retilucata Siranui] ini. Dekopon biasanya ditanam dalam rumah kaca dan dipanen buahnya pada bulan Januari. Setelahnya jeruk ini diperam selama 20-40 hari agar rasanya lebih manis.






Shekwasa
Shekwasa [Citru x depressa, dahulu C. pectinifera] dikenal juga sebagai jeruk Shekwasa Okinawa, hirami lemon, lemon gepeng dll. Bentuknya kecil, brwarna hijau dan kaya akan anti oksidan. Jeruk yang lazim dijumpai di Okinawa dan Taiwan ini rasanya sangat asam dan kerap digunakan sebagai pengganti lemon.


Sudachi
Sudachi [Citrus sudachi], jeruk kecil bulat berwarna hijau ini adalah simbol dari Perfektur Tokushima, dimana sudachi banyak ditanam. Jeruk ini biasanya berbunga pada bulan Mei-Juni sehingga bisa dipanen saat musim gugur. Sudachi yang ukurannya lebih mini dari kabosu ini dinilai memiliki aroma yang lezat dibandingkan lemon sehingga banyak dipakai untuk campuran olahan ikan, soba, udon, nabe, minuman beralkohol, es krim, soft drink dll. Sudachi juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes.





Yuzu
Jeruk dengan kulit tak rata ini diperaya meupakan persilangan antara jeruk mandarin masam dengan lemon Ichang. Jeruk ini berasal dari daratan China tengah dan Tibet, dan kemudian dikenalkan ke Jepang pada masa dinasti Tang. Yuzu sering digunakan sebagai bumbu, saus ponzu yang merupakan campuran yuzu, sudachi dan daidai adalah salah satunya. Yuzu juga dapat diolah menjadi cuka, selai, minyak aromatik dll.



Source: Animonster Volume 126

No comments:

Post a Comment